Hotline: +62 85764650502
Selamat Datang di Kampus Pencetak Pengusaha!

Profesor Smart City Memberi Ceramah di Kampus STIEBBANK

Profesor Smart City Memberi Ceramah di Kampus STIEBBANK

Perkembangan Teknologi informasi yang demikian cepat membuat perubahan pada perilaku orang. Pertukaran informasi dengan cepat dan akurat di era globalisasi ini mengakibatkan banyak hal bisa diakses secara ‘real time’ dan terbuka. Potensi besar ini dapat dikembangkan untuk membentuk sistem jaringan informasi di suatu kawasan, yang dikenal dengan Smart City, menggunakan sistem C-Generation/C-Gen.

Prof. Dr. Ir. Suhono Harso Supangkat, guru besar Sekolah Teknik Elekro dan Informatika (STEI) ITB menyampaikan hal tersebut dalam dialog C-Gen, membangun Smart City melalui Millenial Generation, Rabu, (22/3/2017) di Kampus STIEBBANK Yogyakarta. Acara ini diikuti perwakilan mahasiswa, pelajar, dan stakeholder dari berbagai instansi di Yogyakarta.

“Smart City menerapkan C-Generation, atau connected generation, karena sekarang eranya komunikasi digital. Saya sendiri sekarang kalau komunikasi dengan Menteri cukup pakai WA,” terangnya.
Di Indonesia kini pengguna aktif Internet telah mencapai 88 juta orang. Hal itu menurutnya memungkinkan pembentukan jaringan-jaringan digital, salah satu karakteristik utama C-Gen. Hal ini didukung gaya hidup masyarakat sekarang yang virtual, connected, dan timeless.

“C-Gen saya bentuk tahun 2009, karena banyak kreativitas yang mulai muncul memakai handphone. Connectivity dipakai untuk membangun karakter. Yang bisa menjadikan adalah usia 9 sampai 30 tahun,” ujarnya.
Ia meneruskan, untuk menerapkan C-Gen, harus ada role model yang bisa menghadirkan produk atau inovasi di berbagai bidang, paling tidak jumlahnya 12 orang per kota. Dari inovasi yang dikembangkan itu, diharapkan dapat mengembangkan kota tersebut dan membentuk identitas kota tersebut.
“Bulan-bulan ini kami menyelesaikan program aplikasinya dan sudah menjalin kerjasama dengan beberapa kota, dan diharapkan C-Gen segera bisa diaplikasikan,” jelas pria kelahiran 3 Desember 1962 ini.

Menurutnya, Inilah konsep yang mendukung pembangunan berkelanjutan untuk Indonesia yang lebih baik. Namun harus ada golden rules yang tegas agar aplikasi bisa bermanfaat dan tidak merugikan banyak pihak.
“Di Jogja untuk menghadapi klitih dan sebagainya, itu bisa dilakukan, harus ada golden rules, untuk kebaikan bersama,” imbuhnya.
Ia menambahkan, sesungguhnya, konsep C-Gen bertujuan agar semua masyarakat yang tinggal di suatu kota dapat hidup aman dan nyaman. Oleh karena itu, Prof. Suhono optimis bahwa teknologi ini bakal didukung oleh pemerintah baik lokal maupun nasional.

sumber:

http://www.stiebbank.ac.id/profesor-smart-city-memberi-ceramah-di-kampus-stiebbank.html



Leave a Reply



Video Profil STIEBBANK

Lokasi
Contact
STIEBBANK Yogyakarta
KAMPUS : Jl. Magelang Km. 8, Mlati, Sleman, Yogyakarta 55285
info@kampuspencetakpengusaha.com
Telp : (0274) 866800
© 2017 Kampus Pencetak Pengusaha | Developed by Hebat Promosindo