Hotline: +62 85764650502
Selamat Datang di Kampus Pencetak Pengusaha!

Membangun 4 Pilar Bisnis Modal Mini

Memulai bisnis memang masih sering jadi kendala. Pertanyaan yang paling sering muncul di twitter saya @putuputrayasa adalah bagaimana memulai bisnis dengan modal kecil?

Kali ini saya akan menjawab dengan lebih tuntas. Ketika kita memulai bisnis, ada baiknya, kita memahami apa saja 4 pilar bisnis (SDM, produksi, marketing, dan finansial) yang harus dibangun ketika fondasi mental dan pribadi anda telah siap.

Pilar pertama adalah SDM. Maka, kalau berpikir untuk memulai bisnis, bersiaplah untuk menggaji tim atau karyawan anda dan siapkan gaji mereka untuk 6-12 bulan pertamanya. Mari berhitung. Jika anda memulai bisnis dengan 5 karyawan, dengan gaji 1,2 juta per bulan, artinya anda harus menyiapkan gaji, di luar fasilitas lainnya, 6 juta per bulan. Jika disiapkan 12 bulan, anda perlu menyiapkan 72 juta untuk setahun di rekening cadangan anda. belum ditambah dengan fasilitas seperti asuransi kesehatan (BPJS), THR, gaji ke-13, dll. Bisa jadi anda sudah membutuhkan 100 juta untuk setahun cadangan, atau setidaknya 50 juta untuk 6 bulan pertama. Wah, gede kan?

Bagaimana agar modal SDM jadi kecil? Ya buatlah bisnis yang karyawannya Anda dan keluarga sendiri. Hidup mereka sudah anda tanggung. Atau berkongsi dengan teman-teman, dan salah satu perjanjiannya tidak perlu gajian. Nah, anda sudah bisa membuat modal awal di pilar SDM menjadi sangat kecil bahkan mendekati nol, bukan?

Pilar kedua adalah produksi. Tentu modal untuk produksi tergantung bisnisnya. Jika bisnis properti, anda perlu modal untuk membangun rumah, ruko, atau kos-kosan. Bagaimana agar produksi modalnya mini? Anda bisa dengan menjadi broker properti. Modal produksi disediakan orang lain, anda menjual rumah, kos-kosan, ruko, apartemen, kondotel, dan vila orang lain. Di Century21 Hebat Group, saya selalu menjelaskan, banyak pintu masuk di bisnis properti, bisa menjadi investor, developer, suplier, kontraktor, dan broker. Salah satu modal terkecil adalah dengan menjadi broker.

Pilar ketiga adalah marketing. Pemasaran dan penjualan memang memakan modal yang besar. Iklan koran, radio, televisi, billboard, spanduk, leaflet, poster, dll, semua memakan biaya yang tidak sedikit. Lalu bagaimana, agar hemat bagi bisnis anda? Anda bisa belajar beriklan melalui internet. Sekarang banyak tempat beriklan gratis, baik di media sosial maupun portal-portal semacam kaskus, olx, berniaga, rumah123, dll.

Pilar keempat adalah finansial. Biaya besar di pilar ini biasanya adalah biaya bunga dan pajak. Nah, bagaimana agar kecil? Ya, modalnya jangan dari pinjaman berbunga mahal. Anda bisa memulai bisnis dengan modal sendiri sehingga tidak perlu membayar bunga. Pajak? 1% dari Omset, bagaimana agar tdk terkesan besar? Ya, bangun bisnis, yang profit marjin, setidaknya 30%, maka yang 1% terasa kecil.

Saya sangat menyarankan, bisnis Online, broker Properti, Asuransi, MLM (jangan Money game ya), konsultan, Trainer dll sebagai bisnis, yang bisa menerapkan saran-saran tersebut di atas… Mengapa? Karena bisnis-bisnis yang saya sebutkan barusan, rata-rata bisa mulai dengan modal kecil.

Nah, Bagaimana dengan anda? Berani Memulai dengan modal mini?

Putu Putrayasa
CEO of Hebat Group & @STIEBBANK , Pengembang Kawasan perumahan, Trainer, Coach dan Penulis Buku Desain Ulang Hidup AndaWebsite artikel

iqbal



Leave a Reply



Video Profil STIEBBANK

Lokasi
Contact
STIEBBANK Yogyakarta
KAMPUS : Jl. Magelang Km. 8, Mlati, Sleman, Yogyakarta 55285
info@kampuspencetakpengusaha.com
Telp : (0274) 866800 / 081328697009 / PIN : 2B4574A3
© 2017 Kampus Pencetak Pengusaha | Developed by Hebat Promosindo