Hotline: +62 85764650502
Selamat Datang di Kampus Pencetak Pengusaha!

Menjadi Profesional Entrepreneur

Dalam sebuah diskusi dengan salah seorang partner bisnis saya, Mr Manish Gidwani, ada satu istilah yang ia ungkapkan yang menarik hati saya. Diskusi ini ia sampaikan dalam kesempatan memperkenalkan ACCA, sebuah organisasi para akuntan profesional dunia, di STIEBBANK Kampus Pencetak Pengusaha.

Bermacam-macam pengusaha yang kita miliki di negeri ini. Ada yang kelasnya pengusaha kelas juragan, dengan perusahaan sangat tergantung kepadanya, dan telunjuk serta kata-katanyalah yang menentukan jalannya perusahaan.

Pengusaha yang lain adalah kelasnya pedagang. Pengusaha kelas ini adalah perusahaan yang memang berjalan karena adanya cashflow dari perdagangan. Tidak perlu ilmu bisnis dan manajemen yang njelimet, usaha jalan dan bisa disebut sebagai perusahaan.

Harus diakui, saya dilahirkan dari dua jenis pengusaha ini. Di awal-awal merintis bisnis, saya bukanlah orang yang berlatar belakang pendidikan bisnis, lalu membangun bisnis sepulang meraih gelar MBA saya. Saya benar-benar merintis bisnis saya dari nol, dari kelas pedagang hingga kelas juragan.

Di awal tahun 2000-an, setahun setelah Robert T. Kiyosaki menulis bukunya Rich Dad Poor Dad, saya mengerti tentang apa yang Robert T. Kiyosaki sebut dalam bukunya Cash Flow Quadrant sebagai business owner, yakni pengusaha yang membangun sistemnya sehingga bisnisnya berjalan karena sistem, bukan semata-mata karena kehadiran pemiliknya. Di sanalah saya memulai karir sebagai apa yang sahabat saya, Mr Manish Gidwani, sebagai profesional entrepreur.

Tentu saja sahabat saya ini getol dengan istilah ini. Beliau memang sangat pantas mengumandangkan istilah ini. Sebagai seorang pria kelahiran Mumbai, India, ia mengenyam pendidikannya di Malaysia dan di London, sekaligus telah merasakan pahit-getirnya sebuah bisnis. Dengan pengalaman mengajar lebih dari 12 tahun, praktisi bisnis, seorang lulusan MBA dari London, pantas saja jika beliau mengkritisi mereka yang berbisnis dengan pengetahuan finansial dan akuntansi yang minim.

Itulah mengapa beliau mengusulkan STIEBBANK, Kampus Pencetak Pengusaha, menyelenggarakan pendidikan khusus finansial dan akuntansi, suatu program  untuk para calon pengusaha di STIEBBANK yang mengantarkan para calon pengusaha menjadi seorang profesional entrepreneur.

Saya pribadi memang merasakan bahwa kuliah lagi, setelah praktik bisnis hampir 20 tahun, memberikan saya pemahaman tentang bisnis yang lebih profesional. Saya akhirnya menemukan teori-teori bisnis yang selama ini saya comot sana comot sini untuk dipraktikkan. Dengan kuliah lagi, saya jadi tahu sejarah ilmu dan basis teori dari praktik bisnis yang telah saya lakukan selama ini. Saya sependapat dengan sahabat saya bahwa kita semua perlu belajar menjadi profesional entrepreneur, terlepas kita sudah berhasil atau belum di bisnis-bisnis kita sebelumnya.

Putu Putrayasa

Profesional Property Broker & Developer Trainer, Coach & Book Author Peraih MURI 2010 Pendiri Perguruan Tinggi Termuda Usia 26 Tahun, CEO STIEBBANK Twitter: @PutuPutrayasa

5

Website artikel



Leave a Reply



Video Profil STIEBBANK

Lokasi
Contact
STIEBBANK Yogyakarta
KAMPUS : Jl. Magelang Km. 8, Mlati, Sleman, Yogyakarta 55285
info@kampuspencetakpengusaha.com
Telp : (0274) 866800
© 2017 Kampus Pencetak Pengusaha | Developed by Hebat Promosindo