Hotline: +62 85764650502
Selamat Datang di Kampus Pencetak Pengusaha!

Bisnis Dipimpin Perempuan?

Pengalaman perusahaan yang pemilik atau pemimpinnya perempuan telah dipelajari oleh banyak pakar. Hasilnya, perempuan ternyata memiliki gaya kepemimpinan yang kolaboratif dan partisipatif. Perempuan menggunakan praktik manajemen yang hangat dalam mengelola kepemimpinan. Mereka membuat hubungan diantara sesama karyawan seperti sebuah keluarga. Perempuan juga mempraktikkan corak kepemimpinan yang menghargai fleksibilitas dan akomodatif terhadap aspirasi bawahan. Karakter kepemimpinan yang seperti ini cenderung berbeda dengan budaya kepemimpinan yang ditunjukkan laki-laki, yang bercorak hirarkis, birokratis, dan cenderung keras manakala mereka memimpin.

Kondisi bisnis yang berubah-ubah begitu cepat mensyaratkan organisasi bisnis dipimpin oleh mereka yang mampu mengakomodasi seluruh variable di dalam konsepsi pemikirannya sehingga keputusan bisnis yang diambil mampu merespon dan mengantisipasi seluruh aspek yang terlibat di dalam konstruk bisnis tersebut. Pada situasi lingkungan bisnis yang semacam ini, budaya kepemimpinan yang dipraktikkan perempuan teryata lebih tepat dalam mendukung proses pengambilan keputusan dan pengelolaan aspek manajerial lainnya. Corak kepemimpinan yang mempromosikan fleksibilitas dan partisipatif yang dimiliki perempuanbersesuaian dengan gaya manajemen yang dipersyaratkan dalam lingkungan bisnis yang berubah-ubah begitu cepat. Desain organisasi yang adaptif sebagai desain organisasi bisnis ideal di era perubahan dewasa ini juga didukung oleh karakter demokratis dari kepemimpinan perempuan.

Berdasarkan realitas di atas, perempuan perlu mengambil kesempatan yang sama dalam menduduki posisi manajerial dan kepemimpinan di dalam perusahaan dikarenakan prinsip keadilan yang harus dijalankan oleh perusahaan. Di samping itu, penempatan perempuan pada posisi manajerial dan kepemimpinan ternyata juga mendukung organisasi dalam mengelola perubahan yang menjadi kebutuhan utama perusahaan, agar dapat bersaing dalam situasi yang berubah-ubah seperti saat ini.

Sudah saatnyaperempuan dinilai sebagai entitas yang setara dengan laki-laki, dan mendapatkan perlakuan dan kesempatan yang samadalam menduduki posisi manajerial dan kepemimpinan di dalam perusahaan. Dengan demikian, dunia bisnis dan usaha juga turut berpartisipiasi dalam memajukan peradaban madani untuk memenuhi  tanggungjawab sosial yang diemban oleh perusahaan.

Bagaimana dengan bisnis anda? Terinspirasi untuk membuka ruang lebih luas bagi kepemimpinan perempuan?

Oleh Zulhaq Khomeini Siahaan

Dosen STIEBBANK

 



Leave a Reply



Video Profil STIEBBANK

Lokasi
Contact
STIEBBANK Yogyakarta
KAMPUS : Jl. Magelang Km. 8, Mlati, Sleman, Yogyakarta 55285
info@kampuspencetakpengusaha.com
Telp : (0274) 866800 / 081328697009 / PIN : 2B4574A3
© 2017 Kampus Pencetak Pengusaha | Developed by Hebat Promosindo