Hotline: +62 85764650502
Selamat Datang di Kampus Pencetak Pengusaha!

Jiwa Wirausaha Mahasiswa Stiebbank Ditanamkan Sejak Semester Pertama – Tribun Jogja

 

stiebank_0704

 

 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Niti Bayu Indrakrista

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA – Tidak semua mahasiswa Stiebbank nantinya benar benar meneruskan niatnya untuk menjadi pengusaha. Hal itu diakui Ketua Program Studi Manajemen Stiebbank, Dra Titiek Mulyaningsih MBA.

Kenyataan itu tidak lantas membuat Stiebbank meninggalkan mereka yang berminat menekuni profesi sesuai penjurusannya. “Mahasiswa tetap mendapat mata kuliah perbankan yang mumpuni,” kata Titiek.

Ia mengatakan, dirinya tidak menutup mata terhadap kemungkinan berubahnya minat mahasiswa. Mereka yang semula ingin bergelut sebagai wirausaha, kemudian ternyata tertarik untuk menekuni profesi tertentu. Begitu pula sebaliknya. Karena itu, Stiebbank tetap membeli bekal yang lengkap terhadap keduanya.

Sementara itu, Ketua Program Studi Akutansi Stiebbank, Edy Anan SE MAk Ak CA, berpendapat, kampus telah merancang desain kurikulum yang dapat memfasilitasi kebutuhan mahasiswa dari sisi akademik maupun kewirausahaan.

Untuk akuntansi, misalnya, terdapat tiga kemungkinan. Pertama, enterpreneurial accountant, yaitu sikap seorang akuntan yang mampu membuka usaha dan berdiri sendiri.

Kedua, intrapreneur, yaitu mereka yang bekerja di suatu perusahaan sebagai akuntan, namun tetap mempertahankan jiwa wirausaha yang penuh kreativitas dan pantang menyerah.

Ketiga, enterpreneur alias pelaku wirausaha. “Jadi apapun pilihannya kelak, mahasiswa Stiebbank akan tetap mempertahankan jiwa dan semangat enterpreneur dalam dirinya,” kata Edy.

Jika upaya kampus untuk mendidik mahasiswanya melalui rancangan kurikulum disebut sebagai jalur formal, maka Stiebbank juga mengupayakan jalur nonformal, yaitu melalui sejumlah kegiatan.

Edy menyebut sejumlah aktivitas di luar bangku kuliah yang bisa diikuti mahasiswa semisal inkubator (pemantapan prospek bisnis yang secara riil dijalani mahasiswa), konsultasi dengan dosen, magang bisnis, serta pameran dan kompetisi bisnis. Stiebbank menciptakan atmosfer kewirausahaan bagi para mahasiswa bahkan sejak mereka menjalani semester pertamanya.

Baik Edy maupun Titiek sepakat, pengaturan kurikulum tersebut cukup strategis karena dalam penyusunannya melibatkan para pemegang kepentingan alias stakeholders. Tidak hanya mahasiswa dan dosen, praktisi dunia usaha serta lembaga lembaga yang menaruh perhatian terhadap kewirausahaan juga ikut dilibatkan. (nbi)

 



Leave a Reply



Video Profil STIEBBANK

Lokasi
Contact
STIEBBANK Yogyakarta
KAMPUS : Jl. Magelang Km. 8, Mlati, Sleman, Yogyakarta 55285
info@kampuspencetakpengusaha.com
Telp : (0274) 866800 / 081328697009 / PIN : 2B4574A3
© 2017 Kampus Pencetak Pengusaha | Developed by Hebat Promosindo