Hotline: +62 85764650502
Selamat Datang di Kampus Pencetak Pengusaha!

Rahasia Iding Membangun Citralaga Cafe

 

idink

 

IMG_20140124_101153

Menjadi seorang Pengusaha saat ini menjadi primadona di mana-mana, bahkan pemerintah Indonesia mendukung gerakan kewirausahaan yang dapat membuat perekonomian kita menjadi maju. Beberapa Perguruan Tinggi mendukung gerakan ini dalam bentuk mata kuliah kewirausahaan yang diajarkan, bahkan ada kampus yang fokus dalam melahirkan pengusaha, yaitu STIEBBANK Kampus Pencetak Pengusaha. STIEBBANK tidak hanya meluluskan mahasiswa untuk menjadi Sarjana namun melatih menjadi Pengusaha semenjak kuliah sehingga mahasiswa diharapkan bisa membayar kuliah dari hasil bisnis sendiri.

Iding adalah salah seorang contoh anak muda yang memiliki tekad yang kuat untuk berproses menjadi pengusaha. Pada tahun 2011, Iding diperkenalkan kakaknya pada seorang temannya yang memiliki usaha Warung Burjo. Teman kakaknya ini ingin mengembangkan bisnisnya namun tidak punya orang untuk mengelolanya kemudian Iding ditawarkan untuk handle warung tersebut. Orang tersebut mengatakan ke Iding, “Saya kasih pinjaman modal dulu, nanti kalauusaha sudah jalan baru dikembalikan ke saya. Saya percaya kamu bisa mengelola, menjaga, dan merawat usaha ini dengan baik”.  Akhirnya Idingpun menyanggupi kerjasama tersebut dan memulai membuka usaha warung burjo di Yogyakarta.

Pemuda berusia 19 tahun tersebut merintis  usaha dari mulai nol, dia mengungkapkan bahwa butuh kesabaran memang untuk mengarungi usaha ini. Awalnya miris sekali, tempat usahanya besar, lokasi lumayan bagus, tapi pendapatan tidak mencapai target. Banyak kesulitan dan tantangan yang membuatnya putus asa dan hampir menyerah, namun kakak dan partnernya terus membimbing dan memotivasi bahwa segala sesuatu tidak bisa tiba-tiba langsung laris, namun butuh waktu untuk berproses. Iding kemudian melanjutkan usaha tersebut dengan semangat dan harapan bahwa kedepan usaha ini pasti berkembang dan lebih maju.

Akhirnya kurang lebih setahun usaha tersebut ada perkembangan walaupun sedikit. Memasuki tahun ke 2, usaha Iding berkembang pesat, sudah banyak pelanggan tetap, hingga tempat itu tidak lagi mampu menampung pelanggan yang membludak setiap hari. Kemudian Iding dan partnernya memutuskan untuk memperlebar tempat usaha tersebut.

Mengelola usaha yang kecil dengan usaha yang lebih besar ternyata membutuhkan pengetahuan dan skill yang berbeda. Iding kemudian mengambil keputusan untuk kuliah di STIEBBANK Kampus Pencetak Pengusaha sambil mengelola usahanya tersebut supaya mendapat mindSET, skillSET, toolSET, dan actionSET yang benar sebagai pengusaha. Iding mengungkapkan bahwa ia senang sekali kuliah di STIEBBANK, dia merasakan manfaatnya dalam memanage usahanya tersebut supaya lebih tertata rapi dan berkembang lebih pesat. Omset usahanya saat ini 2jt – 2,5jt/hari. Dengan hasil usahanya tersebut Iding bisa membayar biaya kuliah dan mencukupi biaya hidupnya dari hasil keringatnya sendiri. Dalam menjalankan usahanya ini dia telah merekrut 5 orang karyawan.

Citralaga Café, itulah nama usaha Iding. Citralaga memiliki fasilitas yang bagus, tempat yang nyaman, pelayanan yang prima, harga mahasiswa, murah meriah namun tetap berkualitas. Hal itu membuat Indofood melirik untuk bekerjasama dengan Citralaga. Awal tahun 2014 ini mereka memulai kerjasama untuk membuka cabang, modal full dari Indofood namun pengelolaan dari Citralaga, pembagian hasilnya 50:50.

Meskipun Iding pada awalnya tidak memiliki modal secara materi, namun karena Iding bisa dipercaya untuk mengelola, menjaga, dan membesarkan sebuah usaha maka bantuan bisa datang dari mana saja. Kegigihan, pantang menyerah dan tetap mau belajar mengantarkan Iding menjadi seperti sekarang ini. Percayalah jika Anda memiliki sikap seperti Iding, Anda juga bisa berhasil seperti dia. Sukses selalu.



Leave a Reply



Video Profil STIEBBANK

Lokasi
Contact
STIEBBANK Yogyakarta
KAMPUS : Jl. Magelang Km. 8, Mlati, Sleman, Yogyakarta 55285
info@kampuspencetakpengusaha.com
Telp : (0274) 866800 / 081328697009 / PIN : 2B4574A3
© 2017 Kampus Pencetak Pengusaha | Developed by Hebat Promosindo