Hotline: +62 85764650502
Selamat Datang di Kampus Pencetak Pengusaha!

4 Hal yang Perlu Diketahui oleh Marketer dan Sales

sales-dan-marketing

Pembeli yang sekarang jelas berbeda dengan pembeli pada 20 tahun yang lalu. Dulu, pembeli mempelajari mengenai perusahaan atau produk yang kita jual hanya melalui papan iklan atau sales yang datang langsung kepada mereka. Berbeda dengan sekarang yang kebanyakan pembeli justru sudah mengetahui perusahaan atau produk kita melalui google ataupun sosial media yang dapat di akses dimanapun untuk akhirnya mereka memutuskan mengambil keputusan hingga akhirnya produk kita berada di tangan pembeli.

Terkadang justru pembeli sudah mengetahui cukup jauh mengenai perbandingan produk kita dengan kompetitor sebelum akhirnya mereka lebih memilih produk kita.

Internet dan sosial media membuat pasarpun bergerak sangat cepat atau dinamis. Karena itu, tidak semya bisnis dapat beradaptasi dengan era digital, sehingga mereka tidak dapat merasakan keuntungan dari era digital itu sendiri. COba kita lihat bagaimana perusahaan bisa sukses hanya dengan modal “digital”nya. Ternyata memang perlu untuk sebuah perusahaan untuk lebih mengikuti pasar dengan perubahan digital ini.

 

1. Data merupakan teman baik bagi marketer

Marketing bisa saja kita artikan sebagai seni dan kerajinan, tetapi kita harus analitis, membuat keputusan berbasis data, dan memberikan hasil yang terukur. Melengkapi tim marketing dan sales dengan fondasi analisis yang kuat dapat membuka lebar pintu antara pemasaran dan kegiatan penjualan. Membuat suatu campaign atau riset mengenai pasar akan sangat membantu untuk memperoleh data. Walaupun nanti banyak uang yang dikeluarkan, namun ajan membuat usaha kita menerima uang yang lebih banyak lagi

Mereka yang memiliki data merupakan mereka yang berhasil menguasai pasar.

2. Website dapat membangun atau merusak pendekatan dengan pembeli

Jika website kita dikemas sedemikian rupa menarik, tentu saja pembeli akan betah untuk lama-lama “nongkrong” di halaman website kita. walaupun mereka hanya melakukan “window shopping” namun tetap saja mereka akan menarik traffic dan kembali lagi, dan yang paling penting adalah kita akan memperoleh data dari mereka.

Untuk membangun relationship dengan pengunjung, buatlah web yang responsif dan dinamis.

3.Konten yang bernilai lebih merupakan papan iklanmu

Pembeli lebih menyukai konten yang bersifat informatif, maka penting untuk kita tau bahwa cara pemasaran kita harus fokus pada ikatan atau “engagement” para pengunjung dengan menyuguhkan konten-konten yang bersifat “helpful”.

Membuat konten yang mudah di cari seperti blog post, studi kasus, atau video produk akan membantu kita untuk mencari pembeli yang aktif, sehingga akhirnya mereka membeli produk kita.

4. Perkuat tim sales dan marketing

Marketing dan sales yang profesional perlu untuk up to date dengan apa yang menjadi trend dalam industri saat ini. Karena pasar selalu berubah, maka kita perlu untuk mencari taktik dan strategi apa agar pengunjung mau membeli dan menggunakan produk kita.

Era digital telah memperkenalkan hambatan bagi para sales dan marketer, namun era digital juga telah membuka pintu masuk untuk cara-cara baru yang tak terhitung jumlahnya untuk menghubungkan kita dengan pembeli. Untuk sukses, kita perlu untuk ikut mengembangkan taktik dan strategi untuk bersaing dengan pergeseran pasar yang dinamis. Yang paling penting, tim marketing dan sales yang efektif adalah mereka yang berhasil menggunakan data sebagai pedoman untuk strategi pemasaran mereka.

 



Leave a Reply



Video Profil STIEBBANK

Lokasi
Contact
STIEBBANK Yogyakarta
KAMPUS : Jl. Magelang Km. 8, Mlati, Sleman, Yogyakarta 55285
info@kampuspencetakpengusaha.com
Telp : (0274) 866800
© 2017 Kampus Pencetak Pengusaha | Developed by Hebat Promosindo